RENCANA PERSIAPAN PEMBELAJARAN
RPP 1
Satuan Pendidikan :
MA BAHRUL ULUM
Kelas :
X
Semester :
Ganjil
Mata Pelajaran :
Biologi
Topik : Ruang Lingkup Biologi,
Kerja Ilmiah,
dan Keselamatan Kerja
Alokasi
Waktu : 9
jam pelajaran @= 45 MENIT
(3 X TM)
1.
Kompetensi
Dasar
3.1
Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek
biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip
keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1
Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkatan
organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek
keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.
2.
Indikator
Pembelajaran
a.
Siswa dapat mengetahui berbagai
permasalahan biologi pada berbagai objek biologi, dan tingkat organisasi
kehidupan.
b.
Siswa dapat menjelaskan cabang-cabang
biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan.
c.
Siswa dapat mengetahui manfaat mempelajari
biologi untuk dirinya sendiri maupun lingkungannya.
d.
Siswa dapat menyusun suatu laporan
penelitian dengan menggunakan mmetode ilmiah.
e.
Siswa dapat menerapkan prinsip
keselamatan kerja pada saat bekerja atau praktikum di laboratorium.
f.
Siswa mampu memiliki sikap dan perilaku
kagum terhadap keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan dalam mempelajari
ruang lingkup biologi.
4.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pemahaman terhadap ruang lingkup biologi, kerja ilmiah, dan keselamatan kerja,
siswa diharapkan dapat:
a.
menjelaskan peranan biologi dalam kehidupan
sehari-hari,
b.
melakukan kerja ilmiah,
c.
menerapkan prinsip keselamatan kerja
pada saat praktikum di laboratorium.
5.
Materi
A.
Tingkat Organisasi Kehidupan
B.
Cabang-cabang biologi
C.
Manfaat Mempelajari Biologi
D.
Metode Ilmiah sebagai Pendekatan untuk
mempelajari Biologi
E.
Keselamatan Kerja di Laboraorium
F.
Mengagumi Keteraturan dan Kompleksitas
Ciptaan Tuhan dalam Mempelajari Ruang Lingkup Biologi
G. Link ruangbioxsm1.blogspot.com
6.
Metode
Pembelajaran
Diskusi
,
Tanya jawab dan praktikum
7.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
1.
a.
Kegiatan Awal
1)
Guru memerintahkan siswa untuk mengamati
tubuhnya masing-masing, kemudian menganalogikan dengan sebuah rumah.
Selanjutnya guru menjelaskan bahwa kita bisa mengetahui masing-masing fungsi di
dalam tubuh karena belajar biologi,
2)
Guru mengenalkan tentang metode ilmiah
dan praktik keselamatan kerja.
Serta menganjurkan membuka link “ruangbioxsm1.blogspot.com”
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa mengamati atau mendiskusikan secara kelompok kehidupan masa kini
yang berkaitan dengan biologi seperti kedokteran, gizi, lingkungan, makanan,
penyakit, serta karir yang berhubungan dengan biologi. Dengan mencari literature dalam google.
2)
Siswa membuat pertanyaan tentang kaitan
kedokteran, gizi, lingkungan, makanan, dan penyakit yang berhubungan dengan
biologi.
3)
Siswa memerhatikan penjelasan tentang
kasus-kasus pada kedokteran, gizi, lingkungan, makanan, dan penyakit yang
berhubungan dengan biologi dan mendiskusikan kaitannya dengan biologi.
4) Siswa
melakukan penguatan konsep dengan cara studi literatur tentang tentang
cabang-cabang biologi, objek biologi, dan permasalahan biologi.
5) Siswa mengomunikasikan secara lisan dari hasil diskusi kelompok tentang ruang lingkup biologi
c.
Kegiatan
Penutup
1)
Siswa menyimpulkan hasil diskusi.
tentang ruang lingkup biologi
Pertemuan
2.
a.
Kegiatan Awal
1)
Guru memerintahkan siswa untuk membuka literature pada link “ruangbioxsm1.blogspot.com”
2)
Guru mengenalkan tentang pentinnya metode ilmiah.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa membuat pertanyaan tentang
karakteristik, cara mempelajari Biologi, metode
ilmiah
2)
Siswa memerhatikan penjelasan tentang
metode ilmiah sebagai pendekatan untuk mempelajari biologi. Pada link “ruangbioxsm1.blogspot.com”
3) Siswa
mendiskusikan secara
kelompok untuk membuat proposal dan Laporan penelitian
ilmiah sederhana
dengan bimbingan guru.
4) Siswa
mengomunikasikan secara lisan tentang proposal
dan Laporan penelitian
ilmiah sederhana.
c. Kegiatan Penutup
1)
.Siswa menyimpulkan hasil diskusi
2)
Guru memberikan penguatan tentang pentingnya proposal
dan Laporan penelitian
ilmiah sederhana.
Dengan memberi tugas tersetruktur di rumah membuat proposal
dan Laporan penelitian
ilmiah sederhana.
3)
Siswa mengumpulkan hasir diskusi tentang proposal
dan Laporan penelitian
ilmiah sederhana.
Pertemuan
3.
a.
Kegiatan Awal
1)
Guru memerintahkan siswa untuk mengamati
tubuhnya masing-masing, kemudian menganalogikan dengan sebuah rumah.
Selanjutnya guru menjelaskan bahwa kesalamatan kerja perlu di perhatikan bagi setiap orang bekerja
2)
Guru mengenalkan tentang praktik
keselamatan kerja.Serta
menganjurkan membuka link “ruangbioxsm1.blogspot.com”
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa membuat pertanyaan tentang karakteristik keselamatan
kerja.
2)
Siswa berkelompok untuk mendiskusikan
aspek-aspek keselamatan kerja laboratorium biologi dan menyepakati komitmen
bersama untuk melaksanakan secara tanggung jawab aspek keselamatan kerja di
laboratorium.
3)
Dengan
bimbingan guru setiap kelompok siswa melakukan
percobaan untuk mengenal alat-alat dan bahan-bahan yang digunakan dalam
kegiatan praktikum biologi.
4)
Siswa
membuat Laporan
disusun dengan format laporan ilmiah sederhana.
5)
Siswa mengomunikasikan secara lisan
tentang keselamatan kerja.
1)
Guru memberikan pertanyaan tentang
keselamatan kerja.
2)
Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok
8.
Media
dan Sumber Pembelajaran
a.
Media : Artikel ilmiah atau laporan
ilmiah yang berhubungan dengan biologi.
b. Sumber : Buku Biologi untuk SMA/MA Kelas X, Penerbit Yrama Widya
9. Penilaian
No |
Indikator Pembelajaran |
Penilaian |
||
Teknik |
Bentuk |
Instrumen |
||
1 |
Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang
organisasi fungsional tingkat molekul |
Tertulis |
Uraian |
Lihat Evaluasi |
2 |
Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang
organisasi fungsional tingkat sel |
Tertulis |
Uraian |
Lihat Evaluasi |
3 |
Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang
organisasi fungsional tingkat individu |
Tertulis |
Uraian |
Lihat Evaluasi |
4 |
Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang
organisasi fungsional tingkat ekosistem |
Tertulis |
Uraian |
Lihat Evaluasi |
5 |
Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang pengertian biologi dan cabang-cabang biologi |
Tertulis |
Uraian |
Lihat Evaluasi |
6 |
Mencari artikel tentang manfaat
biologi di berbagai bidang kehidupan |
Tertulis |
Observasi teks |
Lihat Kegiatan Siswa |
7 |
Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang
metode ilmiah dan tahapannya |
Tertulis |
Uraian |
Lihat Evaluasi |
8 |
Melakukan kegiatan praktikum untuk
mengenal alat-alat dan bahan-bahan yang digunakan dalam kegiatan praktikum
biologi |
Tertulis |
Observasi |
Lihat Kegiatan Siswa |
9 |
Melakukan diskusi tentang jenis-jenis tindakan pertolongan pertama untuk beberapa
jenis kecelakaan yang sering terjadi di laboratorium |
Tertulis |
Uraian |
Lihat Kegiatan Siswa |
10 |
Melakukan pengamatan terhadap
perilaku- perilaku orang yang selalu bersikap mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan dalam kehidupan sehari- harinya |
Tertulis |
Uraian |
|
Kepala MA BAHRUL ULUM Guru Mapel Biologi
………………………………… FATHUL ULUM.
0 Comments:
Posting Komentar