KOMPETENSI
INTI DAN KOMPTENSI DASAR
MAPEL BIOLOGI SMA/MA
1.
KOMPETENSI INTI DAN KOMPTENSI DASAR
BIOLOGI SMA/MA KELAS:X
Tujuan kurikulum mencakup empat
kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual
yaitu, “Menghayati dan mengamalkanajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro-aktif sebagaibagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secaraefektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
dirisebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolahdengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi pesertadidik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjangproses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebihlanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagaiberikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranahkonkret dan ranah abstrakterkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidahkeilmuan |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menjelaskan ruang lingkup biologi
(permasalahan pada berbagaiobyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan),
melalui penerapan metode ilmiah dan prinsip keselamatankerja |
4.1 Menyajikan data hasil penerapan metode ilmiah
tentang permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat
organisasikehidupan |
3.2 Menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman
hayati diIndonesia beserta ancaman dan pelestariannya beserta ancaman dan pelestariannya |
4.2 Menyajikan hasil observasi berbagai tingkat
keanekaragaman hayati di Indonesia dan usulan upaya pelestariannya |
3.3 Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi
makhluk hidup dalamlima kingdom |
4.3 Menyusun kladogram
berdasarkanprinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup |
3.4 Menganalisis struktur, replikasi dan peran
virus dalamkehidupan |
4.4 Melakukan kampanye tentang bahaya virus
dalam kehidupan terutama bahaya IDS berdasarkan tingkat virulensinya |
3.5 Mengidentifikasi struktur,cara hidup, eproduksi dan peran Bakteri dalam kehidupan |
4.5 Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam
kehidupan |
3.6 Mengelompokkan protista berdasarkan
ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan |
4.6 Menyajikan laporan hasil investigasi
tentangberbagai peran protistadalam kehidupan |
3.7 Mengelompokkanjamurberdasarkan ciri-ciri,
cara reproduksi, dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan |
4.7 Menyajikan laporan hasil investigasi tentang
keanekaragaman jamur dan peranannya dalam kehidupan |
3.8 Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio
berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalamkehidupan |
4.8 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan
analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya dalamkehidupan |
3.9 Mengelompokkan hewankedalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri
tubuh, dan reproduksi |
4.9 Menyajikan laporan perbandingan kompleksitas
lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetritubuh,
rongga tubuh,dan reproduksinya |
3.10 Menganalisis komponen-komponen
ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut |
4.10 Menyajikan karya yang menunjukkan
interaksi antar komponen ekosistem (jaring- jaring makanan, siklus
Biogeokimia) |
3.11 Menganalisis data perubahan
lingkungan, penyebab, dan dampaknya bagi kehidupan |
4.11 Merumuskan gagasan pemecahan
masalah Perubahan
lingkungan yang terjadi di
lingkungan sekitar |
KELAS: XI
Tujuan kurikulum mencakup empat
kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3)
pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses
pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual
yaitu, “Menghayati dan mengamalkanajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan
Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif,
dan pro-aktif sebagaibagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secaraefektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan
dirisebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolahdengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi pesertadidik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjangproses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebihlanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagaiberikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) |
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, Menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah |
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan |
KOMPETENSI DASAR |
KOMPETENSI DASAR |
3.1 Menjelaskan
komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung
dalam sel sebagai unit terkecilkehidupan |
4.1 Menyajikan hasilpengamatan mikroskopik
struktur sel hewan dan sel tumbuhan sebagai unitterkecil kehidupan |
3.2
Menganalisis berbagai bioproses dalam sel yang meliputi mekanisme transpor
membran, reproduksi, dan sistesis protein |
4.2 Membuat model tentang bioproses yang
terjadidalam sel berdasarkan studi literature danpercobaan |
3.3 Menganalisis keterkaitanantara struktur sel
pada jaringan tumbuhan dengan fungsiorgan pada tumbuhan |
4.3 Menyajikan data hasil pengamatan struktur
jaringan dan organ padatumbuhan |
3.4 Menganalisis keterkaitan antara struktur sel
pada jaringan hewan dengan fungsi organ padahewan |
4.4 Menyajikan data hasil pengamatan struktur
jaringan dan organ padahewan |
3.5 Menganalisis hubungan antara struktur
jaringan penyusun organ pada sistem gerak dalam kaitannya dengan bioproses
dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia |
4.5 Menyajikan karya tentang pemanfaatan teknologidalam mengatasi gangguan
sistem gerak melalui studiliteratur |
3.6 Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam
kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem
sirkulasi manusia |
4.6 Menyajikan
karya tulis tentang kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung,
pembuluh darah yang menyebabkan gangguan sistem sirkulasi manusia serta
kaitannya dengan teknologi melalui studi literatur |
3.7 Menganalisis hubungan antara struktur
jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan
nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem
pencernaan manusia |
4.7 Menyajikan
laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan
makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi
pengolahan pangandan keamanan pangan |
3.8 Menganalisis hubungan antara struktur
jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dalam kaitannya dengan
bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia |
4.8 Menyajikan hasil analisis pengaruh
pencemaran udara terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ pernapasan manusia berdasarkan studi literatur |
3.9 Menganalisis hubungan antara struktur
jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses
dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia |
4.9 Menyajikan
hasil analisis pengaruh pola hidup terhadap kelainan pada struktur dan fungsi
organ yang meyebabkan gangguan pada sistem ekskresi serta kaitannya dengan teknologi |
3.10 Menganalisis
hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi
(saraf, hormone dan alat indera) dalam kaitannya dengan mekanisme koordinasi
dan regulasi serta gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem koordinasi
manusia |
4.10Menyajikan hasil analisis pengaruh
pola hidup terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ sistem koordinasi
yang menyebabkan gangguan sistem saraf dan hormon pada manusia berdasarkan
studi literatur |
3.11Mengevaluasi
bahaya penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri,
lingkungan, dan masyarakat |
4.11
Melakukan kampanye narkoba di lingkungan sekolah dan masyarakat sekitar |
3.12 Menganalisis
hubungan struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan fungsinya dalam
system reproduksi manusia |
4.12Menyajikan hasil analisis tentang
dampak pergaulan bebas, penyakit dan kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan
sistem reproduksi manusia serta teknologi sistemreproduksi |
3.13 Menganalisis penerapan prinsip
reproduksi pada manusia dan pemberian ASI ekslusif dalam program keluarga
berencana sebagai upaya meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) |
4.13 Menyajikan karya tulis tentang
pentingnya menyiapkan generasi terencana untuk meningkatkan mutu Sumber Daya
Manusia (SDM) |
3.14 Menganalisis peran sistemimun dan imunisasi
terhadap proses fisiologi di dalamtubuh |
4.14 Melakukan kampanye pentingnya
partisipasi masyarakat dalam program dan immunisasi serta kelainan dalam sistem imun |
0 Comments:
Posting Komentar