(RPP) 2
Sekolah
:MA
BAHRUL ULUM
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester
: X / Ganjil
Materi
Pokok : Keanekaragaman hayati
Alokasi
Waktu : 3 TM ( 1 TM X 2 Jam
Pelajaran/(@ 45 Menit)
3.2 Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati diIndonesia beserta ancaman dan
pelestariannya beserta ancaman dan pelestariannya |
4.2 Menyajikan
hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan
usulan upaya pelestariannya |
B. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik
diharapkan dapat:
TM 1
1.
Menjelaskan
tentang keanekaragaman gen, jenis, ekosistem
2.
Mengumpulkan
data melalui pengamatan objek nyata atau
gambar dari keanekaragaman gen, jenis,
ekosistem
3.
Menjelaskan
contoh Keanekaragaman hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem), flora, fauna,
mikroorganisme, Garis Wallace, Garis Weber,
4.
Mengumpulkan
data melalui pengamatan objek nyata dan
gambar dari Keanekaragaman hayati Indonesia(gen, jenis, ekosistem), flora,
fauna, mikroorganisme, Garis Wallace, Garis Weber,
5.
Mengamati
melalui gambar keunikan hutan hujan tropis
6.
Mengumpulkan
data melalui pengamatan objek nyata dan
gambar keunikan hutan hujan tropis
TM 2
1.
Mengamati
melalui literature Upaya pelestarian keaneka ragaman hayati Indonesia
2.
Mengumpulkan
data melalui pengamatan objek nyata Upaya pelestarian keaneka ragaman hayati
Indonesia
3.
Mengamati
melalui gambar manfaat keaneka ragaman
hayati Indonesia
4.
Mengumpulkan
data melalui pengamatan melalui
gambar manfaat keaneka ragaman hayati
Indonesia
TM 3
1.
Menyebutkan
tingkat( takson ) pada Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup
2.
Menentukan
Sistem klasifikasi makhluk hidup klasifikasi binomial
3.
Proyek membuat
herbarium
4.
Proyek meberi nama
ilmia pada tanaman di sekitar sekolah
C.
Materi
Pembelajaran
Keanekaragaman
Hayati
• Konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem
• Keanekaragaman hayati Indonesia, flora dan fauna, serta penyebarannya
berdasarkan Garis Wallace dan Garis
Weber
• Keunikan hutan hujan tropis Indonesia
• Pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia
• Upaya pelestarian keanekaragaman hayati
Indonesia
D. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Metode : Diskusi dan Eksperimen
Model : Discovery Learning
E.
MediaPembelajaran
v Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Bahan Presentasi
v Alat/Bahan :
Ø Penggaris,
spidol, papan tulis
Ø Laptop &
infocus
Ø Slide presentasi
(ppt)
F.
Sumber Belajar
·
Buku
Biologi Kls X Kemdikbud
·
Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia
interaktif dan Internet
G. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke –1
No. |
LANGKAH
PEMBELAJARAN |
JENIS
KEGIATAN |
1. |
PENDAHULUAN |
|
a. |
Orientasi |
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran v Memeriksa presentasi peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran |
b. |
Aperpepsi
|
v Mengaitkan
materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan materi sebelumnya, yaitu : Ruang Lingkup Biologi v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
|
c. |
Motivasi
|
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Ø Konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem Ø Keanekaragaman hayati Indonesia, flora dan fauna,
serta penyebarannya berdasarkan Garis Wallace dan Garis Weber
|
d. |
Penyampaian KD dan persiapan kegiatan inti |
v Guru
menyampaikan KD, tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung, dan
bentuk penilaian |
2. |
KEGIATAN
INTI |
|
a. |
KEGIATAN LITERASI
|
topik materi Konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem serta Keanekaragaman
hayati Indonesia, flora dan fauna, serta penyebarannya berdasarkan Garis
Wallace dan Garis Weber dengan cara : v Membaca dan Mengamati Membaca materi dari buku paket serta pada link : https://mediabioxsm1.blogspot.com/2020/09/metode-ilmiah.html Ø Konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem serta Ø Keanekaragaman
hayati Indonesia, flora dan fauna, serta penyebarannya berdasarkan Garis
Wallace dan Garis Weber. |
b. |
COLLABORSI Mengorganisasikan siswa untuk belajar
|
v Guru membagi siswa
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: v Mengumpulkan
informasi dan Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem serta Keanekaragaman
hayati Indonesia, flora dan fauna, serta penyebarannya berdasarkan Garis
Wallace dan Garis Weber. dengan diskusi, membaca materi dan menonton video pembelajaran di Buka blog (web) https://mediabioxsm1.blogspot.com/2020/09/metode-ilmiah.html Yang dikerjakan pada LKPD |
c. |
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
v Guru meminta masing-masing kelompok untuk
mengembangkan pemahaman tentang: Konsep
keanekaragaman gen, jenis, ekosistem Keanekaragaman
hayati Indonesia, flora dan fauna, serta penyebarannya berdasarkan Garis
Wallace dan Garis Weber
dengan cara melihat tutorial dari berbagai sumber v Guru meminta
perwakilan salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas |
d. |
Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok |
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara
tertulis tentang materi : ü Konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem ü Keanekaragaman hayati Indonesia, flora dan fauna,
serta penyebarannya berdasarkan Garis Wallace dan Garis Weber |
|
|
|
3. |
PENUTUP |
|
a. |
Refleksi kegiatan
pembelajaran |
· Guru mengajak Peserta didik melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan dan ditulis dalam buku catatan
masing-masing serta memberikan
kesempatan siswa bertanya |
b. |
Umpan Balik dan menarik
kesimpulan |
·
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, dan mengajak
peserta didik untuk menarik kesimpulan
|
c. |
Tindak Lanjut |
·
Guru
menyampaikan tindak lanjut hasil pembelajaran dengan memberikan tugas
mengerjakan soal pengetahuan di e -learning sekolah |
d. |
Doa |
·
Guru memimpin doa
untuk mengakhiri pelajaran |
KEHAYATI LAUT
Pertemuan ke –2
No |
LANGKAH
PEMBELAJARAN |
JENIS
KEGIATAN |
1. |
PENDAHULUAN |
|
a. |
Orientasi |
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran v Memeriksa presentasi peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran |
b. |
Aperpepsi
|
v Mengaitkan
materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan materi sebelumnya, yaitu : ü Upaya pelestarian dan manfaat keaneka ragaman hayati Indonesia v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
c. |
Motivasi
|
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : Upaya
pelestarian dan manfaat
keaneka ragaman hayati Indonesia
|
d. |
Penyampaian KD dan persiapan kegiatan inti |
v Guru
menyampaikan KD, tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung, dan
bentuk penilaian |
2. |
KEGIATAN
INTI |
|
a. |
KEGIATAN LITERASI
|
topik materi Upaya
pelestariandan manfaat keaneka ragaman hayati Indonesia dengan cara : v Membaca dan Mengamati Membaca materi dari buku paket serta pada link :https://mediabioxsm1.blogspot.com/2020/09/metode-ilmiah.html v Upaya pelestariandan manfaat keaneka ragaman hayati Indonesia |
b. |
COLLABORSIMengorganisasikan siswa untuk belajar
|
v Guru membagi siswa
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: v Mengumpulkan
informasi dan Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Upaya
pelestariandan manfaat keaneka ragaman hayati Indonesia. dengan diskusi, membaca materi dan
menonton video pembelajaran di Buka
blog (web) https://mediabioxsm1.blogspot.com/2020/09/metode-ilmiah.html Yang dikerjakan pada LKPD |
c. |
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
v Guru meminta masing-masing kelompok untuk
mengembangkan pemahaman tentang: v Upaya pelestarian dan manfaat
keaneka ragaman hayati Indonesia dengan cara melihat tutorial dari berbagai sumber v Guru meminta
perwakilan salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas |
d. |
Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok |
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara
tertulis tentang materi : ü Upaya pelestarian dan manfaat
keaneka ragaman hayati Indonesia
|
|
|
|
3. |
PENUTUP |
|
a. |
Refleksi kegiatan
pembelajaran |
· Guru mengajak Peserta didik melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan dan ditulis dalam buku catatan
masing-masing serta memberikan
kesempatan siswa bertanya |
b. |
Umpan Balik dan menarik
kesimpulan |
·
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, dan mengajak
peserta didik untuk menarik kesimpulan
|
c. |
Tindak Lanjut |
·
Guru
menyampaikan tindak lanjut hasil pembelajaran dengan memberikan tugas
mengerjakan soal pengetahuan di e -learning sekolah |
d. |
Doa |
·
Guru memimpin doa
untuk mengakhiri pelajaran |
Pertemuan
ke –3
No |
LANGKAH
PEMBELAJARAN |
JENIS
KEGIATAN |
1. |
PENDAHULUAN |
|
a. |
Orientasi |
v Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa
untuk memulai pembelajaran v Memeriksa presentasi peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dalam
mengawali kegiatan pembelajaran |
b. |
Aperpepsi
|
v Mengaitkan
materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan materi sebelumnya, yaitu : ü Upaya pelestarian dan manfaat
keaneka ragaman hayati Indonesia v Mengajukan
pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. |
c. |
Motivasi
|
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. v Apabila
materitema// projek ini kerjakan
dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta
didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi : ü Menentukan klasifikasi tingkat ( takson ) dan Sistem
Klasifikasi Makhluk Hidup pada klasifikasi binomial
ü Proyek membuat
herbarium dan meberi nama ilmia pada tanaman di sekitar sekolah
|
d. |
Penyampaian KD dan persiapan kegiatan inti |
v Guru
menyampaikan KD, tujuan pembelajaran
pada pertemuan yang berlangsung, dan
bentuk penilaian |
2. |
KEGIATAN
INTI |
|
a. |
KEGIATAN LITERASI
|
topik materi dengan cara : v Membaca dan Mengamati Membaca materi dari buku paket serta pada link :https://mediabioxsm1.blogspot.com/2020/09/metode-ilmiah.html ü Menentukan klasifikasi tingkat ( takson ) dan Sistem
Klasifikasi Makhluk Hidup pada klasifikasi
binomial ü Proyek membuat
herbarium dan meberi nama ilmia pada tanaman di sekitar sekolah
|
b. |
COLLABORSIMengorganisasikan siswa untuk belajar
|
v Guru membagi siswa
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk: v Mengumpulkan
informasi dan Mendiskusikan Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket mengenai materi ü Menentukan klasifikasi tingkat ( takson ) dan Sistem
Klasifikasi Makhluk Hidup pada klasifikasi
binomial ü Proyek membuat
herbarium dan meberi nama ilmia pada tanaman di sekitar sekolah dengan diskusi, membaca materi dan
menonton video pembelajaran di Buka
blog (web) https://mediabioxsm1.blogspot.com Yang dikerjakan pada LKPD |
c. |
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
v Guru meminta masing-masing kelompok untuk
mengembangkan pemahaman tentang: ü Menentukan klasifikasi tingkat ( takson ) dan Sistem
Klasifikasi Makhluk Hidup pada klasifikasi
binomial ü Proyek membuat
herbarium dan meberi nama ilmia pada tanaman di sekitar sekolah dengan cara melihat tutorial dari berbagai sumber v Guru meminta
perwakilan salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas |
d. |
Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok |
v Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru
dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara
tertulis tentang materi : ü Menentukan klasifikasi tingkat ( takson ) dan Sistem
Klasifikasi Makhluk Hidup pada klasifikasi
binomial ü Proyek membuat
herbarium dan meberi nama ilmia pada tanaman di sekitar sekolah
|
|
|
|
3. |
PENUTUP |
|
a. |
Refleksi kegiatan
pembelajaran |
· Guru mengajak Peserta didik melakukan refleksi
terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan dan ditulis dalam buku catatan
masing-masing serta memberikan
kesempatan siswa bertanya |
b. |
Umpan Balik dan menarik
kesimpulan |
·
Guru
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, dan mengajak
peserta didik untuk menarik kesimpulan
|
c. |
Tindak Lanjut |
·
Guru
menyampaikan tindak lanjut hasil pembelajaran dengan memberikan tugas
mengerjakan soal pengetahuan di e -learning sekolah |
d. |
Doa |
·
Guru memimpin doa
untuk mengakhiri pelajaran |
H.
Penilaian Pembelajaran / Assesmen (Lebih lengkapnya ada di lampiran)
1.
Penilaian Afektif
(Sikap) -àTepat waktu, jujur
2.
Penilaian Kognitif
(Pengetahuan) terlampir
3.
Penilaian
Psikomotorik (Keterampilan)
No |
Indikator
Pembelajaran |
Penilaian |
||
Teknik |
Bentuk |
Instrumen |
||
1 |
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang kehayatil |
Tertulis |
Uraian |
Lihat
Evaluasi |
2 |
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang perbedaan keanegaraman jenes dan gen |
Tertulis |
Uraian |
Lihat
Evaluasi |
3 |
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang ciri hewan wilayah timur indonesia |
Tertulis |
Uraian |
Lihat
Evaluasi |
4 |
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang penyababnya punahnya suatu spesies |
Tertulis |
Uraian |
Lihat
Evaluasi |
5 |
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang manfaat
kehayati |
Tertulis |
Uraian |
Lihat
Evaluasi |
6 |
Mencari
artikel tentang upaya pelestarian kehayati |
Tertulis |
Observasi
teks |
Lihat
Kegiatan Siswa |
7 |
Menjawab
pertanyaan-pertanyaan tentang urutan nama takson |
Tertulis |
Uraian |
Lihat
Evaluasi |
8 |
Melakukan
kegiatan praktikum untuk membuat herbarium dan penaman tanaman di sekitar sekolah |
Tertulis |
Observasi |
Lihat
Kegiatan Siswa |
9 |
Melakukan
diskusi tentang praktikum untuk membuat herbarium dan penaman tanaman di sekitar sekolah |
Tertulis |
Uraian |
Lihat
Kegiatan Siswa |
10 |
Melakukan
pengamatan terhadap perilaku- perilaku orang yang selalu bersikap mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan dalam kehidupan sehari- harinya |
Tertulis |
Uraian |
|
Mengetahui, Malang.25 juli 2022
Kepala MA BAHRUL ULUM Guru Mapel Biologi
…………………………………
FATHUL ULUM.
0 Comments:
Posting Komentar